Social Icons

Pages

Kamis, 12 Maret 2015

Aplikasi Hologram

Aplikasi teknik holografi telah tersebar ke berbagai aspek kehidupan. Holografi memudahkanmanusia dalam mengabadikan karya-karya seni dan benda-benda peninggalan sejarah, pembuataniklan danfilm, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi holografi lain ialah holographic interferometry ,holographic optical element (HOE), dan holographic memory.

Holographic interferometry

Holographic interferometry adalah aplikasi dari teknologi holografi yang memungkinkan kitauntuk membuat replika atau tiruan visual suatu benda, beserta efeknya. Dengan teknik ini, objekakan mengalami dua kali pencahayaan. Sehingga visualisasi suatu benda dapat bervariasi.Pada proses pencahayaan yang pertama, objek harus dalam keadaan diam, tidak boleh bergerak.Pada proses pencahayaan yang kedua, objek tadi menjadi subjek untuk memberikan bentuk- betuk fisik sesuai dengan wujud asli objek tersebut..
Kemudian sepanjang proses tadi, hologramakan melukiskan sejumlah garis, baik garis tepi maupun garis diagonal yang melewati objek.Garis-garis itu kemudian akan menjelma menjadi garis-garis kontur serupa pada sebuah peta.Peta visual ini sangat bergantung pada garis tepi, sebab garis tepi lah yang memberi bentuk- bentuk fisik. Bila terjadi kesalahan pada proses yang pertama, maka hal itu akan mempengaruhi pembuatan peta visualnya.Holographic interferometry terdiri atas tiga tipe, yaitu :
-      Frozen fringe 
-      Life Fringe 
-      Time averaged

Holographic interferometry sudah banyak digunakan di industri manufaktur . Kegunaannya ialahuntuk menginpeksi kerusakan atau kegagalan pada produk. Subjeknya ialahlogam dan bahannonlogam. Material ini digunakan untuk menguji adanya kemungkinan-kemungkinan kerusakan.


Holographic optical element (HOE)
Holographic optical element ialah salah satu jenis dari elemen optis difraktif. HOE dapatmengganti suatu sistem optik dengan komponen optik ganda, sepertilensa, kaca, [beamsplitters], dan prisma. HOE sangat bermanfaat bila terjadi ketidaksesuaian danketidakseimbangan komponen optik suatu benda.Kini hadir teknologi DOE (Diffractive Optical Element) sebagai kelanjutan dari HOE. PadaDOE, gelombang cahaya yang datang tidak lagi dibengkokan, melainkan dipecah menjadi puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan gelombang. Gelombang-gelombang tadi nantinya akanmeyatu kembali dan membentuk sebuah gelombang lengkap yang baru.Aplikasi HOE dan DOE antara lain sebagai berikut :
-      Sistem komunikasi dengan media optik
-      CD (compact disk) (cakram kompak)
-      Aplikasi-aplikasi arsitektural (seni bangunan)
-      Finger print sensor  (sensor sidik jari)
-      Proses pengolahan informasi

Holographic memory
Perkembangan teknologi holografi turut merambah ke sistem penyimpanan data. Hal inidimaksudkan untuk menciptakan media penyimpanan data dengankapasitas yang lebih besar.Media-media penyimpanan yang mengadopsi prinsip-prinsip holografis disebut denganholographic memory. Pada dasarnya, teknologi holographic memory memanfaatkan cahaya untuk menyimpan danmembaca kembali data atau informasi. SinarLaser  (singkatan dari Light Amplification byStimulated Emission of Radiation) yang bersifat monokromatik dan koheren dilewatkan pada sebuah alat yang disebut „beam splitter‟. Splitter ini „memecah‟ sinar LASER menjadi dua, yang pertama disebut sinar sinyal atau sinar tujuan, yang kedua disebut sinar acuan.
Disebut sinartujuan karena sinar ini membawa kode informasi atau obyek yang akan disimpan. Disebut sinaracuan karena merupakan sinar yang dirancang sedemikian rupa, sehingga mudah dan sederhana untuk direproduksi karena digunakan sebagai referensi.
Salah satu contoh dari holographic memory ialah kepingan holografis. Para penelititengah berusaha mengembangkan kepingan (CD) yang memiliki muatan penyimpanan holografis, sehingga dapat menyimpan informasi dengan ukuran terabit.
Hal ini dikarenakan pengepakandata menjadi lebih mapat dibandingkan teknologi optis konvensional seperti yang digunakan pada DVD dan Blu-Ray. Bayangkan satu keping cakram optis, dengan ketebalan cakram 1,5mm,mampu menyimpan data sebesar 200 GB.Holographic memory memiliki beberapa keunggulan dibandingkan media penyimpanan lain,antara lain sebagai berikut :
-      Holographic memory dapat menyimpan data 2 dimensi, 3 dimensi, dan juga data digital.
-      Kapasitas penyimpanan data lebih besar, dapat mencapai 27 kali lebih besar darikapasitas DVD yang kita pakai saat ini.
-      Proses pembacaan data lebih cepat, yakni 25 kali lebih cepat daripada DVDa


sumber: acadeia.edu/holografi di post oleh Agus Effendi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates